Benarkah Pola Makan Sehat Lebih Penting dari Berolahraga?

| 13 Sep 2017

Benarkah Pola Makan Sehat Lebih Penting dari Berolahraga?

Sudah banyak yang menjalani gaya hidup sehat, mungkin termasuk Anda. Ada yang menjalaninya dengan rutin olahraga, ada juga yang menjalani pola makan sehat. Namun, mana yang lebih berpengaruh bagi kesehatan dan berat badan?

Studi dari Loyola University Health System menunjukkan jika menjaga asupan kalori lebih membantu menurunkan berat badan. Studi tersebut mengungkapkan bahwa rutin berolahraga justru meningkatkan selera makan pada sejumlah orang. Riset lain juga menjelaskan bahwa olahraga tidak mempercepat pembakaran kalori saat sudah jadi rutin.

Studi oleh Dr. Shawn Talbott dari University of Utah Nutrition Clinic menyebutkan bahwa pengaturan makan sehat jauh lebih baik dibanding olahraga. Dalam persentase penurunan berat badan, pola makan sehat memegang peran sebesar 75 persen sedangkan olahraga hanya 25 persen.

Menurutnya, lebih mudah meminimalisir asupan kalori ketimbang membakar kalori yang telah dikonsumsi. Menjaga pola makan sehat merupakan tindakan preventif yaitu membatasi jumlah kalori yang dikonsumsi, sedangkan berolahraga adalah tindakan represif yang berarti membakar kalori yang sudah dikonsumsi.

Banyak orang menganggap pola makan sesukanya bisa ditebus dengan berolahraga. Aseem Malhotra, ahli jantung di London, menyebutkan bahwa anggapan ini menyesatkan dan tidak ilmiah. Jika ditanya mana lebih penting antara pola makan sehat dan olahraga, Malhotra tegas mengatakan fokus saja pada pengaturan makan sehat. Ini mirip dengan temuan di jurnal Obesity melansir yang mengatakan bahwa olahraga teratur tanpa dikombinasi dengan pola makan sehat hanya akan berdampak minimal dalam menurunkan berat badan, malah bisa berefek sebaliknya. 

Penelitian lain menyebutkan bahwa pola makan sehat bisa mengurangi risiko terserang penyakit. Idealnya, pola makan harus diperbaiki lebih dulu baru dikombinasikan dengan aktivitas fisik yang teratur. Jika asupan berfungsi dalam pemeliharaan sel-sel tubuh dan pembentukan energi, olahraga berperan dalam menjaga stamina tubuh agar tetap prima.

Untuk membantu mendukung zat gizi Anda, selalu sediakan Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm. Diproduksi dengan susu segar pilihan, dengan pengalaman produksi lebih dari 140 tahun di dunia dan didukung oleh keahlian dari Netherlands Dairy Expertise menghasilkan susu dengan cita rasa yang lezat dan bergizi. Susu Siap Minum Frisian Flag mengandung rangkaian zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan zat gizi mikro (multi vitamin dan mineral) untuk mendukung asupan gizi harian keluarga Indonesia, kecuali bayi berusia 0-12 bulan. Dalam kemasan kotak dan botol yang praktis dan higienis dalam ukuran sekali minum dan kemasan keluarga, Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm dapat dinikmati dalam segala suasana, termasuk setelah selesai berolahraga.

Artikel Terkait