Bagaimana Cara Terbaik Minum Susu

| 17 Agu 2017

Bagaimana Cara Terbaik Minum Susu

Susu memiliki banyak kandungan gizi yang berperan besar menjaga kesehatan tubuh. Sebagai sumber kalsium dan protein, susu bermanfaat di antaranya untuk memelihara kebugaran tubuh, mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil, menjaga kesehatan tulang dan gigi serta berbagai manfaat kesehatan lainnya. Untuk mendapatkan manfaat optimal dari susu, sebaiknya cara minum susu pun disesuaikan dengan siklus harian tubuh.

Mengonsumsi makanan atau minuman memang merupakan bagian terpenting dari kebutuhan biologis tubuh yang harus memberikan manfaat bagi kesehatan selain hanya memenuhi rasa kenyang atau pelepas dahaga. Tubuh kita pun memiliki siklus harian yang menentukan kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi makanan dan minuman.

Siklus harian tubuh tersebut disebut juga dengan ritme sirkadian atau lebih populer disebut jam biologis. Siklus ini berlangsung selama 24 jam yang dihasilkan oleh reaksi tubuh terhadap sistem-sistem yang bekerja di dalamnya. Siklus ini memengaruhi aktivitas fisik, mental, dan perilaku manusia.  

Jika dikaitkan dengan ritme sirkadian, ada jam biologis tertentu terkait reaksi tubuh yang disarankan untuk meminum susu:

  1. Pada pukul 21.00 – 00.00, hormon melatonin diproduksi untuk mengurangi kelelahan dengan cara mengistirahatkan tubuh (tidur). Kemudian pada jam 00.00 – 03.00, terjadi perubahan hormon saat tidur dan usus tengah mengalami detoksifikasi. Meminum susu sebelum jam tidur tersebut bermanfaat untuk membantu proses penenangan diri dan detoksifikasi.
  2. Berdasarkan penelitian, pada pagi hari mulai pukul 06.00 terjadi puncak kesuburan baik pada pria maupun wanita. Ini ditandai dengan tingginya hormon testoteron pada pria dan estrogen pada wanita. Meminum susu pada jam tersebut selain mengenyangkan juga membantu meningkatkan kesuburan.
  3. Hindari minum susu pada saat tubuh membutuhkan konsentrasi tinggi seperti pada jam 09.00 – 12.00. Pada saat itu tubuh sedang aktif memproduksi hormon kortisol yang berfungsi meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Selepas jam tersebut pun masih terjadi kerja pencernaan yang sangat aktif hingga minum susu yang sarat triptofan berpotensi melambatkan sistem tersebut.
  4. Untuk Anda yang seringkali merasa lapar di malam hari, ada baiknya meminum segelas susu sekitar 1-2 jam setelah makan malam. Susu tidak membuat penimbunan lemak seperti camilan namun dapat memberikan rasa kenyang. Ini juga disarankan bagi Anda yang berdiet dengan tidak makan malam. Selain merasa kenyang, susu dengan zat triptofan yang dikandungnya akan membantu Anda rileks dan cepat mengantuk.

Kandungan susu yang sarat manfaat akan diserap lebih optimal saat dikonsumsi pada jam biologis yang tepat. Sediakan selalu susu kental manis Frisian Flag Full Cream Gold, Frisian Flag Bendera Kental Manis, atau Frisian Flag Bendera Cokelat untuk melengkapi asupan gizi keluarga Anda. Dapatkan manfaat zat gizi makro dan mikro yang terdapat di dalam susu kental manis seperti  karbohidrat sebagai sumber energi, protein untuk regenerasi sel tubuh, lemak untuk pelindung organ tubuh penting serta sumber 9 vitamin (vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B6, B12 dan C), dan 5 mineral (kalsium, fosfor, selenium, mangan, dan yodium) untuk mendukung metabolisme tubuh.

Artikel Terkait