7 Langkah Untuk Pola Makan Lebih Sehat

| 13 Okt 2017

7 Langkah Untuk Pola Makan Lebih Sehat

Banyak penyakit bersumber dari pola makan yang buruk. Umumnya pola ini terbentuk dari aktivitas sehari-hari dan menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan. Oleh karenanya, penting untuk menjaga pola makan seperti dengan minum susu tiap hari hingga menghindari gorengan. Simak tujuh langkah pola makan sehat di bawah ini!

Evaluasi kebiasaan makan

Ini akan membantu Anda mengidentifikasi kebiasaan baik dan buruk, serta mengenali jenis makanan dan perilaku yang memicu kebiasaan tidak sehat.

Membiasakan sarapan

Menurut University of Leeds, sarapan adalah waktu makan terpenting. Sarapan berkontribusi besar terhadap asupan  zat gizi harian. Lengkapi sarapan Anda dengan minum susu setiap hari untuk mengurangi rasa lapar berlebih. Nafsu makan yang terkontrol akan mencegah Anda mengonsumsi makanan berkalori tinggi.

Jadikan sayur dan buah sebagai camilan

Buah dan sayuran yang kaya serat membantu Anda memperlancar pencernaan.  Pilihlah jenis sayur dan buah organik segar yang zat gizinya terjaga.

Kurangi porsi, tingkatkan frekuensi

Pola makan jadi lebih sehat jika frekuensinya sering namun dalam porsi kecil. Jika tubuh dibiarkan tanpa asupan makanan selama tiga jam, level hormon kortisol akan meningkat dan mengirimkan sinyal pada tubuh untuk menimbun lemak.

Pilih makanan yang direbus daripada digoreng

Menurut University of Copenhagen, makanan yang digoreng menghasilkan zat kimia berbahaya yang disebut AGEs (Advanced Glycation End). Proses merebus makanan disebut paling sehat karena dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit. Zat gizi sayuran tidak hilang saat direbus, bahkan bisa meningkat.

Hindari MSG

University of Toyama mengibaratkan Monosodium Glutamate (MSG) sebagai penjahat karena meningkatkan risiko kanker hati dan kerusakan sel-sel tubuh. Untuk mengakalinya, gunakan rempah-rempah sebagai penyedap rasa dan hindari makanan cepat saji.

Ketahui sinyal lapar

Lapar adalah cara tubuh untuk memberikan sinyal bahwa energi sudah mulai berkurang. Namun, Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk makan. Perut keroncongan bisa jadi karena terlalu banyak gas di saluran pencernaan. Mulailah biasakan diri makan dalam pola waktu yang teratur.

Penerapan pola makan yang sehat dalam kehidupan dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan serta menghambat timbulnya penyakit degeneratif.

Lengkapi pola makan sehat Anda dengan segelas Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold. Dengan manfaat minum susu setiap hari yang begitu besar, Anda akan lebih berenergi dalam beraktivitas sehari-hari dan mewujudkan keluarga sehat bersama Frisian Flag Indonesia.

Artikel Terkait