Pentingnya Memperhatikan Porsi Minum Susu

| 15 Sep 2017

Pentingnya Memperhatikan Porsi Minum Susu

Susu termasuk salah satu asupan bergizi  dan penting untuk diminum. Namun di balik pentingnya minum susu, ada porsi minum susu yang perlu Anda perhatikan.

Kurang Minum Susu

Pengeroposan tulang atau osteoporosis bisa terjadi akibat kurang minum susu di masa muda. Harvard T.H. Chan School of Public Health menegaskan, tubuh harus menerima asupan vitamin A, D, dan K, serta kalsium yang cukup. Selain olahraga dan berjemur di bawah sinar matahari pagi, semua nutrisi ini dapat Anda temukan pada kandungan susu. Kurang minum susu juga bisa memperbesar risiko Sindrom Metabolik. Apa itu Sindrom Metabolik? Ketika 3 dari 4 kondisi risiko penyakit jantung, yakni tekanan darah tinggi (hipertensi), kadar gula darah tinggi (hiperglikemia), kadar kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia), dan kelebihan berat badan (obesitas) dialami seseorang secara bersamaan, maka ia sedang mengalami Sindrom Metabolik. Hasil riset Dairy Consumption and Risk of Metabolic Syndrome: A Meta Analysis yang melibatkan lebih dari 30.000 partisipan menyatakan risiko terkena Sindrom Metabolik dapat dikurangi dengan mengonsumsi susu dan produk olahannya.

Berlebihan Minum Susu

Menurut laman kesehatan anak dr.paul.com, susu menjadi salah satu asupan esensial bagi tumbuh kembang anak. Namun zat gizi  pada susu bukan satu-satunya yang dibutuhkan anak. Anak perlu makan sayur, buah, dan bermacam asupan lain untuk menyeimbangkan kebutuhan gizi hariannya. Pemberian susu berlebih dapat   mengurangi nafsu makan anak pada makanan lainnya, memberikan energi yang  berlebihan  serta menghambat proses penurunan berat badan bagi mereka yang sedang menjalani program diet.

Porsi Tepat Minum Susu

Semua kandungan pada susu, seperti  protein, kalsium, vitamin A, D,  dan potasium akan bekerja optimal pada tubuh jika Anda meminumnya sesuai anjuran, yakni 2-3 gelas per hari. Pentingnya minum susu setiap hari dengan porsi tepat antara lain adalah memperkuat tulang dan gigi, meningkatkan sistem imunitas,  hingga tidur berkualitas di malam hari.

Konsumsi Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold setiap hari sesuai dengan saran penyajian disertai dengan pola makan yang baik (mengatur asupan gula, garam, dan lemak sesuai kebutuhan harian) serta olahraga teratur untuk mendukung kesehatan keluarga dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Artikel Terkait