Manfaat Kalsium Bagi Tubuh Tidak Hanya Untuk Tulang, Lho!

| 14 Sep 2017

Manfaat Kalsium Bagi Tubuh Tidak Hanya Untuk Tulang, Lho!

Anda pasti sudah sering mendengar manfaat kalsium bagi tulang Anda. Namun, tahukah Anda manfaat kalsium bagi tubuh lebih banyak lagi? Berikut 5 fungsi kalsium bagi tubuh yang perlu Anda ketahui.

Membakar Lemak

Kesimpulan dari penelitian oleh Nutrition Institute of Tennessee di Knoxville dengan melibatkan manusia dan tikus adalah kalsium memiliki peran krusial dalam pemrosesan dan penyimpanan lemak oleh tubuh. Kesimpulannya, semakin banyak kalsium yang terdapat dalam sel lemak, semakin cepat pula lemak terbakar.

Cegah Kanker Usus

Tertulis pada laman National Cancer Institute, mereka yang mengonsumsi lebih dari 700 mg kalsium per hari terbukti mengalami penurunan risiko kanker usus sebanyak 35-45% dibanding mereka yang hanya mengonsumsi kalsium 500 mg atau kurang. Penelitian kolaborasi antara Nurses Health Study dan Health Professionals Follow-up Sudy ini melibatkan lebih dari 135.000 partisipan.

Mencegah Hipertensi

Menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University, kalsium berperan sebagai mediator dalam konstriksi (pembengkakan dan pembekuan darah yang disebabkan menyempitnya pembuluh darah) dan relaksasi pembuluh darah sehingga konsumsi kalsium bersama mineral lain, seperti magnesium dan potasium, dianjurkan untuk mengurangi tekanan darah.

Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal terjadi ketika terdapat pengendapan kristal/batu di saluran kemih. Jenis paling umum dari penyakit ini adalah batu ginjal yang mengandung kalsium oksalat. Harvard Health Publications menuliskan bahwa kekurangan kalsium dapat meningkatkan kadar oksalat tersebut.          

Mengurangi Gejala PMS

Kalsium yang memadai dapat mengurangi gejala premenstrual syndrome (PMS) seperti pusing, kram, perubahan suasana hati, dan hipertensi. Ini jelas menjadi manfaat kalsium bagi tubuh yang penting bagi perempuan. Penelitian Thys-Jacobs dan tim dari St. Luke’s Roosevelts Hospital di New York menunjukkan gejala PMS pada wanita berkurang secara signifikan dengan konsumsi 1000 mg kalsium per hari.

Begitu banyak fungsi kalsium bagi tubuh, hingga membuatnya selalu dibutuhkan setiap hari. Sesuaikan kebutuhan kalsium harian Anda, yakni 1000 mg kalsium per hari untuk usia 4-9 tahun dan 30-80 tahun  baik laki-laki dan  perempuan,  sementara anak laki-laki dan  perempuan  usia  10-18 tahun  membutuhan kalsium lebih banyak yaitu 1200 mg per hari berdasarkan Angka Kecukupan Gizi Yang Dianjurkan untuk Bangsa Indonesia 2013  . Barengi konsumsi kalsium dengan vitamin D dan magnesium agar tubuh dapat menyerapnya secara maksimal.

Selain yogurt, keju, brokoli, dan tahu, kalsium juga bisa Anda dapatkan dari susu.  Kandungan kalsium dalam susu mempunyai kualitas yang baik karena berada dalam bentuk kimia yang lebih mudah diserap oleh tubuh.  Selain itu susu juga praktis untuk dikonsumsi. Tak perlu ragu, hadirkan sehat dan lezatnya susu sapi yang kaya kalsium dan vitamin melalui segelas Susu Kental Manis Frisian Flag.  

Artikel Terkait