Cara Agar Tidak Cepat Lelah di Usia 20-an

| 07 Okt 2017

Cara Agar Tidak Cepat Lelah di Usia 20-an


Tubuh manusia mencapai puncak kebugarannya pada usia remaja hingga awal 20-an. Saat usia bertambah, lambat laun kesehatan dan daya tahan pun mulai rentan. Agar stamina tetap terjaga di periode umur ini, berikut beberapa cara agar tidak cepat lelah yang bisa Anda praktikkan.

  1. Jangan tidur terlalu larut malam

Kurangnya jam tidur pada malam hari adalah salah satu penyebab utama kelelahan. Menurut penelitian dalam Journal of The National Sleep Foundation, idealnya durasi tidur seseorang yang berusia 20-an adalah 7-9 jam setiap malamnya. Jadikan “tidur cukup dan teratur” sebagai prioritas Anda. Jauhkan segala barang yang akan mengganggu tidur Anda, seperti laptop, televisi, hingga smartphone. Jika Anda memang sulit untuk tidur nyenyak hingga insomnia, hindari mengonsumsi obat tidur agar tidak menjadi ketagihan nantinya. Lebih baik Anda berkonsultasi dan periksa kondisi ini ke dokter.

  1. Rutin berolahraga

Cara agar tidak cepat lelah lainnya adalah dengan rutin berolahraga. Aktivitas ini  akan membantu tubuh untuk memperlancar kinerja jantung, membuat sirkulasi oksigen merata ke seluruh tubuh, dan efektif mengurangi efek kelelahan. Universitas Zuyd di Belanda menyebutkan aktivitas fisik seperti olahraga juga dapat meningkatkan kualitas kesehatan secara menyeluruh, mulai dari level energi, semangat, kepercayaan diri, hingga efektivitas dalam bekerja.

  1. Ketahui batas lelah Anda 

Faktor psikologis bisa jadi salah satu penyebab kelelahan yang cukup berpengaruh. Kenali diri Anda sendiri, mulai dari batas lelah hingga masalah berat yang mungkin terjadi. Terkadang Anda tidak terlalu peduli dengan apa yang dirasakan oleh tubuh dan memaksa tubuh bekerja di luar batas normal seperti begadang menonton film atau lembur di kantor. Dengarkan tubuh Anda saat sudah mulai merasa lelah, jangan dibiarkan dan dibiasakan terus menerus. Rasa lelah adalah sinyal yang diberikan tubuh sebagai tanda bahaya.


Salah satu cara agar tidak cepat lelah sehari-hari adalah dengan memiliki stamina dan energi yang prima dengan mencukupi kebutuhan zat gizi setiap hari. Konsumsi Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold setiap hari sesuai dengan saran penyajian disertai dengan pola makan yang baik (mengatur asupan gula, garam, dan lemak sesuai kebutuhan harian) serta olahraga teratur untuk mendukung kesehatan keluarga dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian.



Artikel Terkait