Benarkah Susu Bisa Bantu Dapatkan Berat Badan Ideal?

| 15 Sep 2017

Benarkah Susu Bisa Bantu Dapatkan Berat Badan Ideal?

Susu untuk penambah stamina sudah dibuktikan sejarah di dunia. Susu dikonsumsi sebagai bagian makanan sehari-hari di Mesir sejak 8000 SM. Di Eropa, susu mulai dikonsumsi sejak 5000 SM. Susu kemudian menyebar oleh jasa pedagang ke seluruh dunia di abad 15. Di Indonesia, susu mulai dikonsumsi sejak abad 18.

Susu punya manfaat protein dan kalsium tinggi dan lemak hewani yang sehat. Karena itu susu dianjurkan dikonsumsi rutin sebagai minuman penunjang daya tahan tubuh.

Dalam berolahraga yang diimbangi pengaturan pola makan sehat untuk mendapatkan tubuh ideal, susu jadi bagian menu penambah stamina berolahraga. Hasil penelitian dari University of Tennessee menyebutkan jika orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan, akan efektif mendapatkan berat badan ideal bila mengkonsumsi 3 gelas susu kaya kalsium dalam sehari dan  mengatur makanan lainnya sesuai dengan kebutuhan tubuh dan disertai dengan pola hidup sehat lainnya

Susu kaya kalsium dibutuhkan bagi pelaku diet karena berdasarkan penelitian bahwa kalsium mendukung pembakaran lemak tubuh lebih banyak. Hal tersebut pula harus diimbangi dengan  pola makan sehat yang teratur dan memperhatikan komposisi makanan yang harus dihindari atau baik untuk dikonsumsi. Percuma juga ketika sudah melakukan diet dengan minum susu kaya kalsium tetapi mengkonsumsi lebih banyak makanan berkadar gula tinggi atau berlemak tinggi.

Susu dipercaya sebagai makanan otot terbaik di dunia. Susu mengandung 20 persen protein whey, “protein cepat” yang mudah diserap ke dalam aliran darah. Manfaatnya akan segera terasa usai berolahraga atau bekerja fisik berat. Tak heran tubuh pulih cepat dari kelelahan jika Anda minum susu.

Susu juga mengandung 80% kasein. Oleh tubuh, kasein dicerna lebih lambat sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Itulah kenapa susu bermanfaat bagi orang-orang yang tengah menjalani program diet tanpa khawatir staminanya terganggu.

Sebuah penelitian di Denmark menyebutkan manfaat lain minum susu. Dalam penelitian itu disebutkan, pria dewasa yang mengonsumsi makanan atau minuman kaya susu hanya mengalami sedikit peningkatan kolesterol bahkan mengalami penurunan trigliserida sebanyak 22 persen. Trigliserida adalah zat penanda ancaman risiko penyakit jantung. Disimpulkan dalam penelitian tersebut, minum dua hingga tiga gelas susu akan menurunkan serangan jantung dan stroke. 

Konsumsi Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold setiap hari sesuai dengan saran penyajian disertai dengan pola makan yang baik (mengatur asupan gula, garam, dan lemak sesuai kebutuhan harian) serta olahraga teratur akan mendukung kesehatan keluarga.

Artikel Terkait