Tips Menikmati Menu Buka Puasa Sehat Tanpa Kekenyangan

| 08 Jun 2017

Tips Menikmati Menu Buka Puasa Sehat Tanpa Kekenyangan

Saat bulan Ramadan, beduk maghrib adalah momen yang ditunggu-tunggu setiap harinya. Setelah puasa seharian, tak jarang Anda merasa ingin makan dan minum sebanyak mungkin saat berbuka. Akibatnya, Anda pun kekenyangan dan melewatkan aktivitas lain yang dapat memperkaya pahala puasa seperti salat tarawih dan tadarus malam. Kondisi ini pun bisa membuat berat badan Anda naik. Untuk mencegahnya, simak cara menghindari bebas kekenyangan saat menikmati menu buka puasa sehatmu di bawah ini. 

1.   Belajar menahan diri

Berpuasa adalah saatnya kita mengontrol diri dari segala hawa nafsu, termasuk nafsu makan. Karena itu, ingatlah selalu bahwa bulan Ramadan adalah saatnya mengontrol diri.  

2.   Makan bersama orang lain 

Momentum bulan Ramadan juga tepat untuk bersilahturahmi dengan keluarga dan kawan-kawan. Saat menikmati hidangan, utamakan kebersamaan dalam acara ini. Selain bisa saling berbagi menu buka puasa sehat bersama, menyibukkan diri dengan mengobrol juga dapat mencegah Anda makan terlalu banyak. 

3.   Minum segelas air putih terlebih dahulu

Agar tidak makan terlalu banyak saat buka puasa, jadikanlah segelas air putih sebagai pembuka. Ini sekaligus ‘mengisi ulang’ cairan di tubuh Anda. Selain itu, air putih akan membuat perut Anda tidak terlalu kosong sehingga Anda tidak makan terlalu banyak setelahnya.

4.   Makan secara perlahan 

Hidangan untuk berbuka puasa memang terlihat menggoda dan bisa membuat Anda lapar mata. Namun, sebaiknya Anda makan secara perlahan dan menggunakan piring berukuran kecil. Ambil sedikit dari setiap hidangan agar Anda bisa mencicipi semuanya. Dengan begitu, Anda akan merasa kenyang lebih cepat dan tidak ingin mengambil makanan lebih banyak dari porsi seharusnya. 

5.   Berbuka dengan makanan ringan 

Simpan hidangan utama untuk dimakan setelah salat. Anda bisa berbuka dengan minum air putih, beberapa potong makanan ringan seperti kurma, dan dilengkapi dengan minum susu Frisian Flag Full Cream Gold agar Anda mendapatkan kesegaran yang murni dan manfaat susu seperti nutrisi yang diperlukan tubuh. 

Artikel Terkait