Mengembalikan Nutrisi yang Hilang Setelah Berpuasa Seharian

| 24 Mei 2017

Mengembalikan Nutrisi yang Hilang Setelah Berpuasa Seharian

Tanpa makan dan minum dalam belasan jam berpuasa tentu membuat energi kita menurun. Namun semua ini bisa dipulihkan dengan mengonsumsi ragam asupan tepat saat berbuka puasa sehingga kebutuhan nutrisi tubuh segera terpenuhi kembali. Karbohidrat, protein, vitamin, mineral, juga serat sebenarnya telah menjadi nutrisi standar yang diperlukan tubuh setiap hari. Dapatkan paduan nutrisi tersebut ketika berbuka puasa melalui jenis-jenis asupan berikut:

  1. Kurma
    Buah asal Timur Tengah ini bertindak layaknya pertolongan pertama setelah perut kosong seharian. Gula alami yang dikandungnya baik untuk menormalkan kembali kadar gula darah dan mengembalikan energi secara cepat. Selain itu, kurma memiliki serat yang juga berperan sebagai prebiotik untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus besar.
  2. Aneka Sayur dan Buah
    Sayur dan buah bermanfaat untuk menggantikan elektrolit yang hilang, selain itu kandungan serat pada buah dan sayur mencegah konstipasi yang umum dialami orang yang berpuasa. Cobalah variasikan hidangan sayur dan buah Anda setiap harinya agar gizi yang diserap tubuh pun beragam. Hindari sayur dan buah yang menghasilkan gas seperti kubis, kembang kol, apel, dan pir.
  3. Karbohidrat Kompleks
    Tidak hanya sahur, mengonsumsi karbohidrat kompleks juga disarankan saat berbuka puasa. Berbeda dengan karbohidrat sederhana, karbohidrat kompleks dicerna oleh tubuh secara perlahan sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Dapatkan nutrisi ini dari asupan seperti kentang, nasi merah, oatmeal, lentil, dan jagung.
  4. Ikan 
    Protein memenuhi sekitar 25% jaringan otot manusia. Ini menjadikannya sebagai salah satu nutrisi utama yang dibutuhkan oleh tubuh terutama saat menjalani ibadah puasa. Mengonsumsi ikan seperti tuna dan salmon bantu memenuhi kebutuhan protein hewani. Selain itu, keduanya menjadi sumber lemak yang sehat dan mengandung omega 3 yang baik untuk pertumbuhan sel saraf otak, melancarkan peredaran darah, dan menjaga kesehatan jantung.
  5. Susu
    Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi, tambahkan segelas susu [1] yang tidak hanya memiliki rasa yang lezat, namun juga tinggi kalsium dan vitamin D. Susu [2] juga bantu memulihkan energi setelah Anda berpuasa seharian. Untuk itu, jangan lupa akhiri ibadah puasa Anda dengan yang manis melalui segelas Susu Kental Manis Frisian Flag dan dapatkan kehangatan serta segala kebaikan yang terkandung dalam susu sapi setiap hari. Selamat berpuasa!

Artikel Terkait