Cegah Penurunan Daya Tahan Tubuh Selama Puasa

| 22 Jul 2017

Cegah Penurunan Daya Tahan Tubuh Selama Puasa

Jam sahur dan berbuka puasa pada bulan Ramadan membuat tubuh perlahan beradaptasi dengan jadwal makan yang berbeda dari biasanya. Namun, tanpa persiapan yang cukup, sistem imun tubuh bisa menurun dan membuat Anda sakit. Untuk mencegahnya, lakukan cara-cara berikut agar daya tubuh Anda senantiasa terjaga selama bulan puasa.

  1. Jangan Tinggalkan Olahraga

Olahraga bukanlah pantangan selama menjalani ibadah puasa. Hanya saja dibutuhkan penyesuaian mengingat kondisi tubuh yang berpuasa jelas berbeda dengan saat tidak berpuasa. Dalam artikel “How to Boost Human System” milik Harvard Medical School dijelaskan bahwa olahraga adalah bagian dari gaya hidup sehat yang mampu meningkatkan sistem imun dan meningkatkan metabolisme tubuh. Olahraga yang termasuk kategori low impact exercise seperti joging ringan dan yoga ideal untuk dilakukan. Sebaiknya, lakukan sekitar satu jam sebelum waktu berbuka agar tidak terlalu lelah.

  1. Tidur Cukup

Bukan tanpa alasan bahwa orang dewasa dianjurkan tidur 7-9 jam per hari. Selain memulihkan energi dan mengistirahatkan otak, ternyata tidur malam punya peran yang cukup signifikan dalam mencegah penyakit. Sistem imun terdiri dari sel-sel dan protein yang memiliki fungsi untuk melawan penyebab flu dan demam. Menurut Director of Sleep Center dari University of Texas Diwakar Balachandran, produktivitas sel T yang mengisi sistem imun akan menurun ketika tidur Anda kurang. Semakin Anda kurang tidur, maka semakin menurun daya tahan tubuh Anda. Namun bukan hanya kuantitas yang perlu Anda pertimbangkan, tapi juga kualitas. Salah satu cara yang efektif adalah dengan minum segelas susu hangat sebelum tidur. Efeknya, otot akan menjadi lebih rileks dan memperlambat respons. Selain itu, kalsium yang dikandung susu mampu membuat tidur lebih nyenyak.

  1. Konsumsi Protein

Mengonsumsi makanan sehat juga menjadi kunci utama dalam menjaga daya tahan tubuh, khususnya selama bulan puasa. Karena itu, Anda wajib memerhatikan asupan sahur dan berbuka puasa. Pastikan Anda cukup minum air putih dan mengonsumsi asupan kaya protein. Sebagai zat penting dalam tubuh, kekurangan protein membuat tubuh tidak stabil hingga membuatnya rentan terserang penyakit. Nutrisi ini bisa Anda dapatkan dari bermacam produk ternak, salah satunya adalah susu. Untuk itu lengkapi kebutuhan protein saat sahur dan berbuka puasa dengan segelas susu Frisian Flag Full Cream Gold, Bendera Kental Manis, atau Frisian Flag Cokelat. Nikmati rasanya yang lezat dalam hangatnya kebersamaan saat sahur dan berbuka puasa bersama keluarga.

Artikel Terkait