Bolehkah Tidur Lagi Setelah Sahur?

| 24 Mei 2017

Bolehkah Tidur Lagi Setelah Sahur?

Mungkin Anda pernah dengar anjuran untuk tidak tidur setelah makan, minum susu, atau sehabis sahur. Benarkah pendapat yang mengatakan bahwa mengonsumsi sesuatu sebelum tidur berbahaya bagi tubuh kita? Padahal saat bulan Ramadan adalah suatu tantangan tersendiri untuk tetap terbangun setelah makan sahur. Apalagi pada hari-hari pertama puasa ketika Anda belum terbiasa bangun dini hari dan ingin segera tidur begitu sahur usai. Mengapa para ahli mengatakan jika langsung tidur setelah makan akan berat tidak baik untuk pencernaan? Simak di bawah ini.

  1. Perut Membuncit dan Naik Berat Badan 
    Seusai makan sahur, perut yang sudah kenyang akan membuat Anda ingin langsung tidur lagi. Namun, tubuh Anda perlu waktu yang cukup untuk mencerna semuanya. Jika Anda langsung tidur, lemak bisa tertimbun di dalam perut dan tak dapat dicerna dengan baik. Akibatnya, perut membuncit dan menambah berat badan Anda.
  2. Refluks Asam Lambung
    Posisi tidur Anda akan dapat membuat makanan yang baru masuk ke perut bisa berbalik arah dari lambung menuju ke kerongkongan. Hal ini dinamakan refluks, yang menyebabkan kerongkongan terasa panas seperti terbakar ketika terjadi. Selain itu, mulut juga akan terasa pahit sehingga menimbulkan rasa yang tidak nyaman ketika Anda menjalani puasa.
  3. Timbul Rasa Panas di Dada
    Di saat kita tidur, maka sistem pencernaan akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan yang baru kita makan. Jika Anda langsung tidur setelah sahur, Anda akan rentan terkena sakit maag yang terjadi akibat meningkatnya kadar asam lambung. Naiknya zat asam ini dapat menimbulkan rasa panas di area dada yang dapat mengganggu kelancaran Anda menjalankan ibadah puasa hari itu.

Setelah mengetahui ketiga hal di atas, mungkin Anda bisa mengubah kebiasaan tidur setelah sahur. Agar tidak mengantuk, ada cara lain selain tidur yaitu minum segelas susu hangat. Selain membuat tubuh merasa rileks, susu menambah nutrisi dan energi yang Anda perlukan untuk berpuasa seharian. Karena itu jangan lupa lengkapi sahur Anda dengan segelas Susu Kental Manis Frisian Flag yang tersedia dalam kemasan kaleng dan juga pouch. Dengan berbagai vitamin dan mineral yang terdapat dalam tiap gelasnya, ibadah Anda akan terasa lebih ringan dan berenergi sepanjang hari. 

Artikel Terkait