Ragam Manfaat dan Fakta Nutrisi Susu Cokelat untuk Kesehatan

Banner
| 11 Des 2018

Ragam Manfaat dan Fakta Nutrisi Susu Cokelat untuk Kesehatan

Ragam Manfaat dan Fakta Nutrisi Susu Cokelat untuk Kesehatan

Selain rasanya yang lezat, ternyata susu cokelat juga memiliki berbagai manfaat yang penting bagi kesehatan lho. Mungkin selama ini susu putih sering kali jadi pilihan utama untuk diminum sewaktu sarapan dibandingkan susu cokelat. Padahal, kandungan nutrisi susu cokelat juga tak kalah beragam dan penting bagi tubuh.

Meski diperkaya dengan perisa coklat, nutrisi dalam varian susu yang satu ini pun sebenarnya sama seperti susu putih. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika ingin mengonsumsi susu cokelat atau memberikannya kepada si Kecil sebagai nutrisi pendukung.

Umumnya, susu cokelat mengandung sejumlah nutrisi yang mencakup zat gizi makro, seperti protein, karbohidrat, dan lemak, serta zat gizi mikro, seperti kalsium, kalium, zat besi, zinc, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D, dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai manfaat susu cokelat, kita simak dulu penjelasannya berikut ini, yuk!

Baca Juga: Susu UHT Frisian Flag Milky Pilihan Tepat untuk Anak

Apa Saja Manfaat Susu Cokelat Bagi Kesehatan Tubuh?

Berikut adalah beberapa manfaat susu cokelat yang bisa Anda dan keluarga dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin:

  • Mendukung tumbuh kembang

    Seperti yang diketahui, susu cokelat merupakan salah satu minuman bernutrisi yang biasa dikonsumsi oleh setiap orang di segala usia, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Ini karena susu cokelat mengandung nutrisi yang mampu menjaga organ tubuh tetap berfungsi dengan baik dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

    Untuk bayi dan anak-anak, manfaat susu cokelat sangat penting dalam mendukung tumbuh kembangnya agar lebih optimal. Pasalnya, susu mengandung protein yang berperan sebagai zat gizi makro untuk membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh. Dengan begitu, protein dalam susu cokelat bisa mengoptimalkan hormon pertumbuhan bagi anak-anak.

  • Menjaga kesehatan tulang

    Nutrisi lainnya yang banyak ditemukan dalam susu cokelat adalah kalsium. Tubuh kita membutuhkan kalsium untuk membangun dan memperkuat tulang, otot, dan gigi. Selain itu, kalsium juga bermanfaat untuk menjaga pembuluh darah agar berfungsi dengan baik. Meski susu cokelat kaya akan kalsium, Anda dan keluarga juga tetap membutuhkan asupan kalsium dari makanan bergizi lainnya, seperti ikan, yoghurt, keju, dan kacang-kacangan. 

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

    Manfaat dari susu cokelat yang tak kalah penting yaitu dapat meningkatkan sistem imun tubuh agar mencegah serangan berbagai penyakit. Manfaat ini bisa didapatkan berkat kandungan protein, vitamin A, dan vitamin B12. Berbagai studi menjelaskan bahwa vitamin B12 berfungsi untuk mendukung kesehatan sistem saraf, sistem imun, dan otak. 

    Selain itu, vitamin A dan vitamin B12 juga berperan untuk membantu mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Kedua vitamin ini pun dapat membantu produksi sel darah putih yang berperan menangkap serta menghancurkan zat berbahaya di dalam tubuh.

  • Mendukung kesehatan mata

    Selain kaya protein dan kalsium, susu cokelat juga terkenal akan kandungan vitamin A yang penting bagi kesehatan mata. Vitamin A merupakan nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan indra penglihatan dan membantu menurunkan risiko penyakit mata, seperti degenerasi makula. 

  • Mengoptimalkan fungsi otak

    Manfaat susu cokelat lainnya yang perlu diketahui yaitu berperan untuk mengoptimalkan fungsi otak anak. Ini karena di dalamnya mengandung protein, asam lemak, dan zat besi yang dapat mendukung perkembangan otak. Zat besi merupakan nutrisi yang diperlukan untuk pembentukan hemoglobin yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak. Dengan kebutuhan oksigen yang tercukupi, maka akan mendukung fungsi otak seperti kemampuan belajar dan daya konsentrasi.

Ide Olahan Susu Cokelat

Dari sekian banyak manfaat susu cokelat, Anda juga dapat memanfaatkannya menjadi hidangan yang menggugah selera seperti camilan atau minuman. Yuk, intip resep olahan susu cokelat berikut ini.

  • Susu cokelat goreng

    Bahan susu:

  • Bahan kulit:

    • 80 gr tepung terigu
    • 110 ml air matang
    • 20 gr tepung maizena
    • 1/2 sdt baking powder
    • 1/4 sdt garam
    • Bubuk cokelat secukupnya
    • Gula pasir
  • Cara membuat:

    1. Campur tepung maizena dengan air, aduk hingga rata kemudian sisihkan.
    2. Di dalam panci, campur susu cair, Susu Bubuk Frisian Flag Kompleta Cokelat, gula pasir, garam, dan cokelat bubuk.
    3. Kemudian masak hingga gula larut. Setelah itu, masukkan campuran maizena yang telah dicampurkan air sebelumnya. Aduk terus hingga mengental.
    4. Jika sudah mengental dan padat, angkat dan masukkan ke dalam wadah. Tutup lalu masukkan ke dalam kulkas selama 1 jam. Sementara menunggu susu, siapkan kulit luarnya.
    5. Campur tepung terigu dengan garam, baking powder, dan air. Aduk hingga kental.
    6. Keluarkan susu dari kulkas dan wadah. Kemudian potong-potong susu sesuai selera.
    7. Panaskan minyak untuk menggoreng. Masukkan potongan susu ke dalam adonan tepung, lalu goreng hingga kecokelatan.
    8. Angkat, lalu taburi dengan cokelat bubuk. Siap dinikmati selagi hangat.
  • Classic Hot Chocolate

    Bahan-bahan:

  • Cara membuat:

    1. Campurkan cokelat, gula pasir, Susu Bubuk Frisian Flag Kompleta Cokelat, dan garam di dalam panci, lalu panaskan dengan api kecil.
    2. Aduk sampai cokelat meleleh dan semua bahan tercampur rata.
    3. Campurkan vanila lalu aduk lagi.
    4. Setelah itu, angkat dan tuangkan ke dalam gelas atau mug.
    5. Tambahkan marshmallow sebagai topping. Sajikan.

Dari banyaknya manfaat susu cokelat, jadi tak heran mengapa minuman bergizi ini harus dikonsumsi oleh bayi, anak-anak, hingga orang tua. Untuk mendapatkan semua manfaat di atas, Anda dan keluarga bisa mengonsumsi Susu Bubuk Frisian Flag Kompleta Cokelat, susu bubuk yang telah terbukti disukai oleh 9 dari 10 Ibu dan anak di Indonesia. 

Susu Bubuk Frisian Flag Kompleta Cokelat diproduksi dari susu berkualitas yang diformulasikan untuk semua anggota keluarga (kecuali bayi usia 0-12 bulan). Susu ini diperkaya dengan beragam nutrisi, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, tinggi kalsium, tinggi zat besi, serta didukung dengan 10 vitamin dan 4 mineral yang baik bagi kesehatan tubuh. 

Konsumsi minimal 2 gelas Susu Bubuk Frisian Flag Kompleta Cokelat setiap hari membantu pemenuhan kebutuhan gizi harian Anda dan si Kecil. Susu bubuk ini tersedia dalam kemasan kotak untuk keluarga, yaitu ukuran 400 gram dan 800 gram, serta ada ukuran sachet yang bisa Anda konsumsi dalam satu kali pakai, sehingga lebih praktis dan ekonomis.

Untuk kalori susu cokelat, dalam 1 gelas (35 gram bubuk) Susu Bubuk Frisian Flag Kompleta Cokelat mengandung energi sebanyak 130 kkal, protein 5 gram, kalsium 50%, zat besi 15%, 10 vitamin, dan 4 mineral (berdasarkan AKG 2150 kkal). Sajikan Frisian Flag susu bubuk instan cokelat di setiap sarapan Anda dan keluarga agar lebih bergizi. Temukan informasi lengkap seputar Susu Bubuk Frisian Flag Kompleta di sini.

Artikel Terkait